Jumat, 20 Januari 2012

Mengganti Icon Blog Pada Addresbar Pada Blog

Menambahkan Favicon Dalam Blog. Favicon adalah ikon kecil yang muncul di setiap kanan address ataupun kiri pada bar dan tab. Jika sebuah Blog tidak memiliki favicon, maka favicon akan diisi ikon default Blogger, yakni lambang B. bagaimana menggantinya menjadi Favicon yang kita inginkan? Kita harus membuat sebuah ikon terlebih dahulu. Terserah mau ekstensi apa, mau ekstensi asli ikon (*.ico), gif (*.gif) ataupun png (*.png), terserah. Yang penting, ikon yang kita buat harus setidaknya berukuran 32 x 32, dan sebisa mungkin Anda coba buat berukuran 16 x 16 (batas maksimal: 32 x 32 ).

Tetapi jika kita malas untuk membuat ikon, kita bisa membuat file gambar bisa di-eksport menjadi file ikon. Untuk melakukan itu dibutuhkan program pihak ketiga, misalnya memakai program Imagicon jika masih malas, kita bisa mencari di Internet. Ketik saja keyword-nya "Free icon", lalu download ikon yang kita suka.

Setelah kita mendapatkan ikon, kita wajib meng-upload ikon itu ke alamat hot-linking yang mendukung file management, seperti Google page (pages.Google.com) yahoo! Geocities, Photobucket (photobucket.com), ataupun tripod (tripod.com). ingat ya harus hot-linking, jangan yang seperti Divshare(divshare.com), 4shared(4shared.com), atau yang lain.

Jika telah di-upload, sekarang saatnya menambahkan ke Blog.

1. Login ke blog anda.
2. Pilih Rancangan lalu pilih Edit HTML.
3. Lalu Cari <title><data:blog.pageTitle/></title>
4. Masukan kode di bawah ini Setelah/Sesudah pada cara no.3:

<link href='http://ilmufacebook.blogspot.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/>


perhatian: yang berwarna merah harus diganti dengan hot-liniking menuju icon kita.
Misalnya kita memakai server Googlepages dan kita beri nama freeartikel dan ikonnya bernama favicon dan bertipe ikon standar(*.icon), maka akan seperti ini:
http://freeartikel.googlepages.com/favicon.ico.

Ingat! kode tadi jika ikon kita bertipe ikon standar alias *.ico, tapi bagaimana jika ikon kita png maka ganti saja tulisan 'image/x-icon' menjadi 'image/png'. Atau jika ikon kita bertipe gif, ubah saja menjadi 'image/gif'. Dan tentunya akhiran ekstensi juga berubah dari iconsaya.ico menjadi iconsaya.png atau iconsaya.gif.

5. Simpan Template, dan lihat hasilnya.
:) ok selamat mencoba sobat.

Reverensi dari sahabat blog Xpiece--->herul ajja